Begini Akibatnya jika Hutan Kalimantan Tak Punya Semut
logo blog

Begini Akibatnya jika Hutan Kalimantan Tak Punya Semut

Begini Akibatnya jika Hutan Kalimantan Tak Punya Semut
Jenis semut di hutan Kalimantan

Setiap makhluk hidup dibumi mempunyai tugasnya masing-masing. Apabila salah satunya​ punah, maka tugasnya bisa jadi tak tergantikan oleh jenis yang lainnya.

Pernyataan tersebut dapat dibuktikan melalui hasil riset yang dilakukan peneliti dari Universitas Liverpool dan Natural History Museum, Inggris, di hutan Borneo.

Hannah Griffith bersama timnya telah meneliti peran semut dalam rantai makanan dan energi dasar hutan tropis. Hasil begitu mengerikan.
Senjata yang kecil ternyata bertanggungjawab dalam setengah proses dekomposisi sampah di dasar hutan. Sampah yang diuraikan semut berupa Tubu mayat hewan, biji-bijian, dan buah busuk.

Baca juga : Unik Semut Perkasa yang Membuat Gempar Dunia

Griffith mengatakan bahwa ketika semut mengumpulkan dan membawa ke sarangnya mereka menciptakan hotspot nutrien dimana mikroba dan tumbuhan dapat menyerapnya, mempertahankan kesuburan tanah.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Animal Ecology Minggu lalu, telah menyimpulkan bahwa tak ada hewan yang dapat berperan seperti semut dalam penguraian sampah.

Nah, apabila semut hilang dari hutan tropis Kalimantan, sampah organik di dasar hutan akan menumpuk. Penguraian akan lebih lama sehingga hutan tropis Kalimantan tidak akan sesubur saat ini. Menurut Griffith semut sangat penting di wilayah hutan tropis sebab hutan tropis telah terdegradasi dengan cepat.



Lihat juga


Begini Akibatnya jika Hutan Kalimantan Tak Punya Semut

Selamat mencoba apa yang sudah kami berikan di sini Begini Akibatnya jika Hutan Kalimantan Tak Punya Semut jika kamu merasa kurang cocok dengan apa yang kami berikan kamu bisa liat liat lagi postingan lainnya.

Cukup Sekian Pembahasan Begini Akibatnya jika Hutan Kalimantan Tak Punya Semut

Cukup sekian dan terima kasih sudah berkunjung Sekarang Anda sedang membaca artikel Begini Akibatnya jika Hutan Kalimantan Tak Punya SemutTerimakasih sudah membaca postingan kali ini
Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya .
Jangan Lupa Ikuti Halaman Facebook Kami :

Share this

Entri yang Diunggulkan

Memahami Materi Sejarah Perkembangan Virus (Ciri, Struktur, Ukuran Virus)

Contoh Virus Halo sahabat sains, kali ini saya akan menjelaskan menganai tentang virus. Virus sudah tidak asing lagi di telinga kit...

close