Fakta Unik Kemunculan Hewan Mirip Kupu-kupu (Creatonotos) Aneh di Kebumen
logo blog

Fakta Unik Kemunculan Hewan Mirip Kupu-kupu (Creatonotos) Aneh di Kebumen

 Creatonotos
Di bumi kita ini sangat banyak makhluk aneh yang sering dijumpai. Termasuk hewan yang satu ini, sangat tekesan dengan keanehan yang sifatnya alami tanpa rekayasa.


Baru-baru ini banyak yang membicarakan tentang ngengat Creatonotos. Namanya yang terdengar cukup asong di telinga kita. Creatonotos ialah ngengat kecil yang dapat ditemukan di wilayah Asia Tenggara seperti Cina, India, Jepang, Thailand dan Australia utara.  Creatonotos ini menjadi hama bagi pohon delima. Cir-cirinya memiliki warna putih, hitam, merah dan kuning menjadi spesies yang manrik, tak warnanya saja yang menarik perhatian.
 Creatonotos
Salah satunya adalah perubahan pada ngengat seperti berbulu yang sangar lebat yang panjang. Creatonotos gangis yang sudah dewasa biasa mensekresikan feromon hidroksydanaidal untuk menarik pasangan. Feromon itu dihasilkan dari 'kaki-kaki' panjang yang disebut coremata atau organ aroma.
Besarnya coremata tergantung dari diet yang dilakukan oleh Creatonotos gangis itu sendiri. Coremata bisa tumbuh besar atau tidak tumbuh sama sekali dan tidak menimbulkan aroma. Nah, hal itu akan terlihat sangat menarik.

Prosesnya berawal dari ulat yang memakan tanaman mengandung PyrrolizidineAlkoloid (PA). PA diporduksi oleh banyak tanaman dan bertindak sebagai pencegah dari pengumpan. Memiliki rasa yang pahit dan bisa menjadi racun jika dikonsumsi. Sering kita lihat tanaman yang rusak akan meningkatkan produksi dari PA dan mematikan lainnya. Misalnya terjadi pada keracunan PA di sapi dan domba merupakan kejadian yang umum, petani harus tetap waspada yang berkaitan dengan flora disekitarnya.
 Creatonotos

Creatonos akan memilih tanaman dengan tingkat PA lebih tinggi. Apabila Creatonotos tidak mendapat cukup PA, makan akan tidak tumbuh dan tidak mampu untuk kawin. Lebih banyak PA yang terselamatkan, semakin lama dan lebih mengesankan corematanya, dan semakin banyak hidroksidanaidal pheremone yang dia hasilkan.


Jadi ia telah berevolusi dalam menikmati rasa pahit PA, sehingga dia masa depan akan tumbuh lebih mengesankan coremata dan memiliki lebih banyak untuk meneruskan gennya.
 Creatonotos



Lihat juga


Fakta Unik Kemunculan Hewan Mirip Kupu-kupu (Creatonotos) Aneh di Kebumen

Selamat mencoba apa yang sudah kami berikan di sini Fakta Unik Kemunculan Hewan Mirip Kupu-kupu (Creatonotos) Aneh di Kebumen jika kamu merasa kurang cocok dengan apa yang kami berikan kamu bisa liat liat lagi postingan lainnya.

Cukup Sekian Pembahasan Fakta Unik Kemunculan Hewan Mirip Kupu-kupu (Creatonotos) Aneh di Kebumen

Cukup sekian dan terima kasih sudah berkunjung Sekarang Anda sedang membaca artikel Fakta Unik Kemunculan Hewan Mirip Kupu-kupu (Creatonotos) Aneh di KebumenTerimakasih sudah membaca postingan kali ini
Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya .
Jangan Lupa Ikuti Halaman Facebook Kami :

Share this

Entri yang Diunggulkan

Memahami Materi Sejarah Perkembangan Virus (Ciri, Struktur, Ukuran Virus)

Contoh Virus Halo sahabat sains, kali ini saya akan menjelaskan menganai tentang virus. Virus sudah tidak asing lagi di telinga kit...

close