Hewan Punah Selama 30 Tahun “Lobster Pohon” Kini Muncul Kembali
logo blog

Hewan Punah Selama 30 Tahun “Lobster Pohon” Kini Muncul Kembali

Lobster Pohon
Serangga yang telah punah selama 30 tahun lamanya adalah serangga batang Drycocelus Australis yang hidup di Pulau Lord Howe, Australia kini muncul kembali dari kepuanahan. Srangga ini mempunyai bentuk seperti lobster sempat ditanyatakan punah di tahun 1920an.


Sekelompok pemanjat tebing di Piramida Bola telah menemukan bingkai menyerupai Drycocelus Autralis di tumpukan batu vulkanik Pulau Lord Howe tahun 1960. Namun tak berhasil menganalisis, sehingga pada tahun 1986 resmi dinyatakan punah.

Punahnya D. Autralis disebbakan karena tikus hitam yang terbawa kapal karam di pulau Lord Howe tahun 1918. Kapalnya bersandar 600 Km di lepas pantai timus Australia. Bukan hanya D. Autralia saja, lima burung, dua tubuhan dan 12 invertebrata juga tak ditemukan bahkan lenyap.

Pada Tahun 2001 para peniliti telah berhasil menemukan serangga kecil hidup dipohon teh  di Piramida Bola. Tak berpikir lama langsung membuat program pengembangbiakan. Hewan yang ditemukan di Piramida Bola sedikit berbeda dengan di Pulau Howe. Secara genetik, perbedaannya sebesar satu persen. Tetapi, ilmuan menganggap perbedaan yang sedikit, teta[ dikategorikan spesies yang sama.

Alexander Mikheyev mengatakan bahwa dalam kasus ini, sepertinya kita beruntung dan kita beum kehilangan spesies ini selamanya. Alexander Mikheyev merupakan profesor di Okinawa Institute of Science and Technology Graguate University.

Hingga sekarang, D. Australis digolongkan sebagai hewan terancam punah. Tak sampai 868 spesies punah akibat manusia dalam daftar merah International Union for conservation of Nature (IUCN). Menurut Mikheyev, serangga ini menggambarkan kerapuhan ekosistem pulau, dan khususnya betapa rentannya perubahan buatan manusia sperti spesie invasif.


Dalam sebuah rencana hewan ini akan diintroduksi lagi ke Pulau Lord Howe. Supaya tidak terjadi lkepuanhan kedua, program pemberantasan tikus akan lebih dulu dimulai pada 2018.


Lihat juga


Hewan Punah Selama 30 Tahun “Lobster Pohon” Kini Muncul Kembali

Selamat mencoba apa yang sudah kami berikan di sini Hewan Punah Selama 30 Tahun “Lobster Pohon” Kini Muncul Kembali jika kamu merasa kurang cocok dengan apa yang kami berikan kamu bisa liat liat lagi postingan lainnya.

Cukup Sekian Pembahasan Hewan Punah Selama 30 Tahun “Lobster Pohon” Kini Muncul Kembali

Cukup sekian dan terima kasih sudah berkunjung Sekarang Anda sedang membaca artikel Hewan Punah Selama 30 Tahun “Lobster Pohon” Kini Muncul KembaliTerimakasih sudah membaca postingan kali ini
Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya .
Jangan Lupa Ikuti Halaman Facebook Kami :

Share this

Entri yang Diunggulkan

Memahami Materi Sejarah Perkembangan Virus (Ciri, Struktur, Ukuran Virus)

Contoh Virus Halo sahabat sains, kali ini saya akan menjelaskan menganai tentang virus. Virus sudah tidak asing lagi di telinga kit...

close