Memahami Materi Sejarah Perkembangan Virus (Ciri, Struktur, Ukuran Virus)
logo blog

Memahami Materi Sejarah Perkembangan Virus (Ciri, Struktur, Ukuran Virus)

Contoh Virus


Halo sahabat sains, kali ini saya akan menjelaskan menganai tentang virus. Virus sudah tidak asing lagi di telinga kita, namun tak banyak orang yang tau menganai sejarah perkembangan virus, ciri-ciri virus, virusoraganismenya, struktur virus, bentuk virus, ukuran virus, klasifikasi virus,peran virus untuk kehidupan, macam-macam infeksi virus dan pencegahan danpengobatannya. Betul bukan? Yang kita thau hanya kata virusnya saja. Nah, maka dari itu saya akan berbagi ilmu pengetahuan mengenai virus yang saya dapatkan saat sekolah di X SMA.


Siapa yang tahu ilmuan Aldolf Mayer dari Jerman? Aldolf Mayer ini ternyata salah satu ilmuan yang melakukan penelitian mengenai penyakit mosaik yang menghambat pertumbuhan tanaman tembakau. Beliau sangat penasaran sekali dengan daun tanaman itu yang memiliki bercak-bercak. Saking penasarannya, Adolf Mayer terus melakukan penelitan ini. Singkat cerita seperti itu, untuk lebih datailnya lagi yuk simak penjelasannya menganai virusterlengkap.

Meteri yang akan di bahas mengenai virus:


Sejarah Perkambangan Virus

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa penelitian tentang virus ini pernah dilakukan oleh ilmuan Alddolf Mayer dari Jerman yang penasaran dengan penyakit mosaik yang menghambat pertumbuhan tanaman temabakau di tahun 1883. Peneliatan ini dilakukan karena tanaman tembakau itu memiliki bercak-bercak pada daunnya. Aldolf Mayer telah menemukan jika penyakit itu bisa menular saat tanaman yang diteliti menjadi sakit setelah disemprot dengan getah tanaman yang sakit. Dalam penelitiannya tidak dapat ditemukan mikroba di getah tanaman, jadi ia menyimpulkan jika penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri yang lebih kecil dan tak dapat dilihat menggunakan mikroskop.

Kemudian pada tahun 1892 Dimitru Ivanowsky dari Rusia menemukan jika getah daun tembakau yang telah disaring dengan menggunakan penyaring bakteri bisa menimbulkan peyakit mosaik. Menurutnya yang didasarkan pada penemuannya ada dua kemungkinan yaitu bakterinya berbentuk sangat kecil sehingga masih bisa melewati jarinagan atau baketerinya mengeluarakan toksin sehingga menembus saringan.

Nah, anggapan itu di buang begitu saja di tahaun 1892 setelah Martinus Beijerink dari Belanda menemukan agen infeksi getah yang sudah disaring bisa bereproduksi, karena tidak berkurang sama sekali penyakitnya setelah di transfer antartanaman. Dalam potagen mosaik di tembakau telah disimpulkannya jika bukan bakteri melainkan contagium vivum fluidum. Merupakan sejenis cairan hidup pembawa penyakit.

Denga proses penelitian yang bergit panjang di tahun 1898 Loeffler dan frosch mengatakan bahwa penyebab penyakit mulut dan kaki sapai bisa melerwati filter yang tidak bisa dilewati bakteri. Tetapi ia menyimpulakn bhwa patogennya adalah bakteri yang sangat kecil. Namun di tahaun 1935 pendapat Beijerinck baru tebukti, stelah Wendell Meredith Stanley dari Amerika Serikat berhasil mengristalkan partikel penyebab panyakit mosaik yang sekarang ini dikebal sebagai virus mosaik tembakau.

Penemuan virus ini adalah pertama kali yang divisualisasikan dengan mikroskop leektron di tahuan 1939 oleh ilmuan G.A. Kausche, E, Pfankuch, dan H. Ruska dari Jerman.
Nah, dapat disimpulakan jika virus  dapat diklasifikasian  karena virus tidak memiliki nukleas dan sitoplasma dan berada di luar sel maupun di dalam sel. Jika virus berada diluar sel yaitu partikel submikroskopis yang mengandung asam nukleat di bungkus oleh protein dan kadang maromolekul lainnya. Sedangkan di dalam sel, khusunya di sel hidup virus dapat memperbanyak diri.

Ciri-ciri virus ( Struktur, Bentuk dan Ukuran Virus)

Ciri-ciri Virus
Nah, menurut kalian jika dilihat dari berbagai penelitan yang dilakukan pada daun tembakau yang memiliki bercak-bercak bisa menganalisa memiliki ciri apa yang ada di virus? Benar sekali virus itu tidak berbentuk sel, karena tidak memiliki protoplasma, dinding sel, sitoplosma dan nukleas. Terusa apalagi ya cirinya? Virus dapat digolongkan sebagai benda mati, karena dapat dikristalkan dan tidak mempunyai protoplasma dan digolongkan sebagai benda hidup, karena mmeiliki kemampuan metabolism, reproduksi dan memili asma nulkleat. Selain itu virus juda dapat bekemabang biak di dalam satau sel atau jaringan hidup. Berdasarkan peneliatan juga organisme subrenik hanya bisa dilihat melalui mrikroskop elektron. Lalu virus berasal dari bahasa latin yaitu vebom yang artinya cairan yan beracun. Satu lagi ya virus ini bersifat pasif.

Selanjutnya yaitu menganai struktur virus. Perlu kita ketahui bagian pusat virus itu mengandung ND atau ARN yang dikelilingi Caspida dari protein. Capsid ini dibangun oleh beribu-ribuu molekul protein. Kemudain memiliki Kapsomer yang berbentuk sperti prisma, hekasgonal, pentagonal. Sedangkan pada bentuk virus sangat bermacam-macam sperti silindris, kotak, memanjang, oval dan polyhedron. Ukuran yang dimiliki virus lebih keci dari bakteri 30 nm-300nm (1nm=10-9)

Begitulah penjelasan menganai materi sejarah perkambangan virus, melai penelitian yang dilakukan kita bisa mengetahui menganai ciri, struktur dan ukuran virus. Semoga bermanfaat ya, jangan lupa untuk berbagi ilmu dengan teman Anda. Lebih cepat paham mengenai materi virusnya.



Lihat juga


Memahami Materi Sejarah Perkembangan Virus (Ciri, Struktur, Ukuran Virus)

Selamat mencoba apa yang sudah kami berikan di sini Memahami Materi Sejarah Perkembangan Virus (Ciri, Struktur, Ukuran Virus) jika kamu merasa kurang cocok dengan apa yang kami berikan kamu bisa liat liat lagi postingan lainnya.

Cukup Sekian Pembahasan Memahami Materi Sejarah Perkembangan Virus (Ciri, Struktur, Ukuran Virus)

Cukup sekian dan terima kasih sudah berkunjung Sekarang Anda sedang membaca artikel Memahami Materi Sejarah Perkembangan Virus (Ciri, Struktur, Ukuran Virus)Terimakasih sudah membaca postingan kali ini
Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya .
Jangan Lupa Ikuti Halaman Facebook Kami :

Share this

Next
This Is The Current Newest Page
Previous
Previous Post »

Entri yang Diunggulkan

Memahami Materi Sejarah Perkembangan Virus (Ciri, Struktur, Ukuran Virus)

Contoh Virus Halo sahabat sains, kali ini saya akan menjelaskan menganai tentang virus. Virus sudah tidak asing lagi di telinga kit...

close