Waspada, Risiko Serangan Asteroid ke Bumi Meningkat
logo blog

Waspada, Risiko Serangan Asteroid ke Bumi Meningkat

Waspada!!!Risiko Serangan Asteroid ke Bumi Meningkat
Asteroid

Tim pakar astronomi dari Czech Academy of Science telah mengumumkan bahwa resiko serangan asteroid ke bumi meningkat. Hal ini diketahui setelah mereka mengamati aliran meteorid Taurid telah biasa menghasilkan hujan meteor di bulan Oktober dan November.

 Mengapa bisa terjadi hujan meteor???

 Hujan meteor terjadi saat orbit bumi masuk ke aliran puing-puing yang ditinggalkan oleh komet Encke. Puing-puing ini biasanya berukuran kecil dan tidak mengancam bumi.

Namun, para pakar menemukan cabang baru di mana dua steroid, 2015 TX24 dan 2005 UR yang memiliki ukuran 200 dan 300 meter. Kedua asteroid itu sebetulnya tidak mengarah ke bumi, namun munculnya kedua Asteroid tersebut menandakan adanya asteroid yang berukuran serupa yang belum terindentifikasi oleh pakar astronomi.

Berdasarkan analisa mereka, asteroid berukuran besar mempunyai struktur yang lemah. Namun, ukuran asteroid yang mencapai ratusan meter, tidak mudah hancur jika melewati atmosfer bumi.
American Geophysical Union mengungkapkan tentang tejadi jatuhnya asteroid yang berukuran 18 meter untuk mencapai bumi yang terjadi di Rusia tahun 2013, atas kejadian itu ratusan orang terluka karena pecahan kaca.

Apa yang terjadi bila Asteroid berukuran ratusan meter mencapai di bumi?

Sudah tak bisa dibayangkan lagi, dampaknya kan luar biasa mengerikan. Seperti yang di ungkapkan dalam jurnal Astronomy dan Astrophysics, para peneliti mengatakan bahwa asteroid yang berukuran puluhan atau ratusan meter dapat membahayakan manusia, dampaknya akan meningkat secara signifikan saat bumi bertemu dengan cabang Taurid baru yang belok karena gravitasi planet Jupiter beberapa tahun sekali.

Oleh sebab itu, para peneliti menyarankan untuk melakukan studi lebih lanjut dilakukan pada aliran Taurid untuk mencari asteroid yang membahayakan bumi.

Apakah ada asteroid yang berbahaya ditemukan selama penelitian?

Untungnya, hingga sekarang belum ada asteroid berbahaya yang ditemukan. Karena, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) selalu memperhitungkan kemungkinan terjadinya tabrakan bahaya antara bumi dengan partikel antariksa yang ukurannya besar dengan sistem monitor Sentry mydairysains.



Lihat juga


Waspada, Risiko Serangan Asteroid ke Bumi Meningkat

Selamat mencoba apa yang sudah kami berikan di sini Waspada, Risiko Serangan Asteroid ke Bumi Meningkat jika kamu merasa kurang cocok dengan apa yang kami berikan kamu bisa liat liat lagi postingan lainnya.

Cukup Sekian Pembahasan Waspada, Risiko Serangan Asteroid ke Bumi Meningkat

Cukup sekian dan terima kasih sudah berkunjung Sekarang Anda sedang membaca artikel Waspada, Risiko Serangan Asteroid ke Bumi MeningkatTerimakasih sudah membaca postingan kali ini
Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya .
Jangan Lupa Ikuti Halaman Facebook Kami :

Share this

Entri yang Diunggulkan

Memahami Materi Sejarah Perkembangan Virus (Ciri, Struktur, Ukuran Virus)

Contoh Virus Halo sahabat sains, kali ini saya akan menjelaskan menganai tentang virus. Virus sudah tidak asing lagi di telinga kit...

close