Mengerikan, 91 Gunung Berapi di Temukan Peneliti di Antartika
logo blog

Mengerikan, 91 Gunung Berapi di Temukan Peneliti di Antartika

Mengerikan, 91 Gunung Berapi di Temukan Peneliti di Antartika
Gunung berapi di Antartika

Di wilayah Antartika bagian barat baru saja ditemukan 91 gunung berapi. Letaknya bersembunyi diantara lapisan es yang menutupi kutub Selatan bumi dengan ketebalan hingga empat kilometer. Penemuan ini menambah untuk 47 gunung berapi yang sebelumnya di ketahui.

Menurut para peneliti dari university Edinburgh di serial khusus Geologi Society, puncak dari gunung-gunung aktif terkonsentrasi di wilayah yang dikenal sebagai sistem retakan Antartika barat, membentang 3.500 km  dari paparan es Antartika Ross ke semenanjung Antartika. Tingginya pun beragam, dari 100 meter hingga 3.850 meter yang sama dengan gunung Eiger di Swiss.

Gunung ini ditemukan setelah melakukan analisis dibawah lapisan es dan menemukan puncak dari batuan basalt. Lamanya satu abad terakhir, para penjelajah telah melihat ujung gunung-gunung yang terletak di atas es. Tapi. Untuk mengetahuinya peneliti perlu melakukan analisis terhadap pengukuran yang dilakukan survei sebelumnya.
Gunung berapi di Antartika

Hasilnya itu kemudian dibandingkan dengan catatan, database, serta informasi geologi dari survei udara. Tujuannya untuk mencari bukti gunung vulkanik yang tersembunyi di balik es. Robert Bingham ahli es blaster mengatakan bahwa tidak menduga akan menemukan gunung berapi yang banyak.

Ia juga menduga bahwa paparan es Ross masih banyak menyembunyikan lebih banyak gini, sehingga kemungkinan wilayah ini akan berubah menjadi wilayah terbanyak gunung berapi di dunia Bahakan lebih dari yang di wilayah Afrika Timur, dimana gunung Nyiragongo, Kilimanjaro Longonot dan semua gigi berapi yang aktif.

Adanya gunung berapi di Antartika akan berdampak buruk, jika slah satu Gung memuntahkan isi perutnya, maka kestabilan lapisan es di Antartika barat bisa terganggu dan air laut akan naik sehingga tidak dapat dihindari.

Menurut Bingham saat ini belum mengetahui seberapa aktif kawasan gunung vulkanik tersebut. Tetapi perubahan iklim ikut membuat lapisan es semakin menipis sehingga gunung berapi menjadi kehilangan tekanan dan aktif lebih cepat.

Sialnya, penemuan kali ini tidak dapat dibanggakan. Bila salah satu gunung memuntahkan isi perutnya, kestabilan lapisan es di Antartika barat bisa terganggu dan kenaikan permukaan air laut tidak akan bisa dihindari.



Lihat juga


Mengerikan, 91 Gunung Berapi di Temukan Peneliti di Antartika

Selamat mencoba apa yang sudah kami berikan di sini Mengerikan, 91 Gunung Berapi di Temukan Peneliti di Antartika jika kamu merasa kurang cocok dengan apa yang kami berikan kamu bisa liat liat lagi postingan lainnya.

Cukup Sekian Pembahasan Mengerikan, 91 Gunung Berapi di Temukan Peneliti di Antartika

Cukup sekian dan terima kasih sudah berkunjung Sekarang Anda sedang membaca artikel Mengerikan, 91 Gunung Berapi di Temukan Peneliti di AntartikaTerimakasih sudah membaca postingan kali ini
Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya .
Jangan Lupa Ikuti Halaman Facebook Kami :

Share this

Entri yang Diunggulkan

Memahami Materi Sejarah Perkembangan Virus (Ciri, Struktur, Ukuran Virus)

Contoh Virus Halo sahabat sains, kali ini saya akan menjelaskan menganai tentang virus. Virus sudah tidak asing lagi di telinga kit...

close