4 Fakta Unik Kepandaian Semut
logo blog

4 Fakta Unik Kepandaian Semut

4 Fakta Unik Kepandaian Semut
Ilustrasi semut pandai matematika

Walaupun hewan ini berukuran kecil, semut merupakan hewan yang cukup pintar dalam melakukan banyak hal. Salah satu diantaranya mereka adalah makhluk sosial yang hidup berkoloni dan slaing bekerjasama.

Namun, ada 3 hal unik jika dilihat lebih dekat, semut juga masuk dalam kriteria yuk, karena banyak kebiasaan dari mereka yang selama ini jarang kita lihat. Diantaranya 3, fakta unik mengenai Kepandaian semut sebagai berikut:

1. Membangun jebakan
Salah satu spesies semut yang hidup di pedalaman Amazon adalah Allomerus Decemarticulatus "semut pemalas" yang lebih suka menunggu makanan daripada mencari makanan. Semut ini mampu membangun jebakan di Batang pohon dan dedaunan. Apabila ada serangga lain yang terjebak, maka kawanan semut langsung mengerubungi serangga meski ukurannya lebih besar dari semut tersebut.
Ilustrasi semut membangun jebakan

2. Budidaya jamur
Semut melakukan budidaya fungsi di sebuah tempat khusus, seperti halnya petani. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, semut melakukan budidaya jamur, hal tersebut dapat dilakukan mulai dari air, pestisida, hingga pupuk alami sebelum jamur mereka panen.
Ilustrasi semut budidaya jamur

3. Pintar matematika
Berdasarkan prinsip Fermat. Apabila sebuah gelombang merambat dari satu titik ke titik yang lain, Mak gelombang itu akan memilih jejak yang tercepat. Hal ini juga dilakukan oleh semut dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, saat sebuah koloni semut menemukan sebuah tempat penuh dengan sumber makanan, maka koloni tersebut akan memikirkan  sebuah cara agar bisa menjangkau tempat dengan cepat. Semut akan memilih jalan yang memiliki permukaan lembut untuk dilewati. Tetapi, jika jalan terlalu jauh, maka jalan yang keras untuk dijadikan lintasan untuk mereka.
Ilustrasi semut pintar matematika
                     

4. Semut makan komputer
Di beberapa tempat di Amerika Serikat, banyak dilaporkan kerusakan komputer yang diakibatkan oleh semut. Hal ini bermula pada 2002 saat sebuah spesies semut baru mulai menyebar di Texas.

Semut ini disebut semut gila karena berani membasmi semut api di sana. Selain itu, mereka juga senang menggigit papan sirkuit elektronik yang ada di komputer, ponsel, kalkulator dan TV.

Akibatnya, ketika mereka menggigitnya, mereka pun akan mati karena terkena listrik statis. Namun jasad mereka rupanya memancing semut lain untuk datang sehingga sebuah komputer pun bisa rusak karena terlalu banyak terisi oleh semut ini.
Ilustrasi semut pemakan komputer



Lihat juga


4 Fakta Unik Kepandaian Semut

Selamat mencoba apa yang sudah kami berikan di sini 4 Fakta Unik Kepandaian Semut jika kamu merasa kurang cocok dengan apa yang kami berikan kamu bisa liat liat lagi postingan lainnya.

Cukup Sekian Pembahasan 4 Fakta Unik Kepandaian Semut

Cukup sekian dan terima kasih sudah berkunjung Sekarang Anda sedang membaca artikel 4 Fakta Unik Kepandaian SemutTerimakasih sudah membaca postingan kali ini
Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya .
Jangan Lupa Ikuti Halaman Facebook Kami :

Share this

Entri yang Diunggulkan

Memahami Materi Sejarah Perkembangan Virus (Ciri, Struktur, Ukuran Virus)

Contoh Virus Halo sahabat sains, kali ini saya akan menjelaskan menganai tentang virus. Virus sudah tidak asing lagi di telinga kit...

close