8 Penemuan Sains Terbaru yang Membuka Mata Dunia 2017
logo blog

8 Penemuan Sains Terbaru yang Membuka Mata Dunia 2017

 8 Penemuan Sains Terbaru yang Membuka Mata Dunia 2017
Ilustrasi tata surya
Ilmuwan di berbagai belahan dunia selama tahun 2017, terlihat sangat sibuk dengan berbagai proyek sains mereoa, mulai dari menyingkirkan gen yang buruk dari garis keturunan sebuah keluarga, menemukan tujuh Planet seukuran bumi di sekitar satu buah bintang, dan sampai menggali otak dinosaurus.


Seperti halnya Australia telah memerayakan National Science Week merupakan perayaan peran dan pencapaian sains dan teknologi yang dirayakan satiap tanggal 12-20 Agustus satiap tahunnya. Berikut penemuan dan cerita besar yang menjadi berita utama dan mengubah pemahaman kita tentang alam semesta disekitar kita.

1. Gambar terdekat dari Planet Saturnus oleh Pesawat Cassini
Gambar terdekat dari Planet Saturnus oleh Pesawat Cassini

Kita masih menunggu hingga 16 September sebelum pesawat luar angkasa Cassini milik NASA melakukan misi pamungkasnya yaitu dengan cara menabrakkan dirinya ke planet Saturnus, namun di April 2016, pesawat luar angkasa kecil ini untuk pertama kalinya melintasi jarak antara planet Saturnus dan cincin terdalamnya.

Tak hanya itu saja, ia telah berhasil mengirim kembali sejumlah gambar dari jarak dekat atmosfer di planet Saturnus yang menunjukkan rincian yang belum pernah ada sebelumnya, termasuk Badi raksasa yang berputar-putar. Kemudian melintasi 3.000 kilometer di atas puncak awan tertinggi Saturnus, sebab instrumennya mencatat informasi baru mengenai Planet Saturnus.

Sedangkan satelit pemantau planet (problem) Juno milik NASA, yang mengorbit di planet Jupiter yang di sebut "The Giant Gas" berhasil mencapai posisi terdekat yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam peristiwa misi angkasa bersejarah di Great Tes Spot pada bulan Juli 2017.

 Ilmuan tertarik untuk mengetahui apa yang ada di bawah lapisan atas Great Tes Spot yaitu pusaran badai seluas 16.000, kilometer dan bukti adanya petir di plan Jupiter yang dpat menunjukkan keberadaan awan air.

2. Gunung es raksasa terlepas dari lempeng es di Antartika
Selama beberapa waktu peneliti telah memantau es Lersen C di Antartika, tapi pada akhir 2016 terjadi retakan sepanjang 18 kilometer.

 Bulan lalu retakan terpisah dari lempeng es Antartika, dan menyebabkan terlepasnya gunung es seberat 1 triliun ton berukuran 5.800 kilometer persegi, salah satu gunung es terbesar yang pernh tercatat.

Dalam peristiwa ini tidak ada dampak langsung di permukaan laut, namun terlepasnya bongkahan telah meninggalkan kawasan besar Lersen C berkurang dari 12 persen.

3. Sejarah manusia di Australia mundur 18 ribu tahun
Penemuan di Taman Nasional Kakadu menunjukkan manusia berhasil tiba di daratan Australia sekitar 65.000 tahun yang lalu, 18.000 tahun lebih awal dari perkiraan pertama.

Penemuan ini sangat membantu untuk mendefinisikan kembali pemahaman kita ketika spesies manusia pertama kali meninggalkan Afrika. Penemuannya berupa kapak dengan tepi rumput tertua di dunia.

 Peniliti berhasil menyelesaikan studi genomik paling komprehensif terhadap Penduduk Asli Australia yang pernah di lakukan saat ini. Studi ini menjelaskan bahwa manusia modern adalah keturunan dari satu gelombang pendatang yang meninggalkan Afrika sakitar 72.000 tahun lalu.

Temuan ini menegaskan warga Aborijin Australia modern adalah keturunan orang pertama yang tinggal di Australia.

5. Pulau terpencil dalam daftar Warisan Dunia menjadi tempat pembuangan sampah
Pulau terpencil daftar warisan dunia 
               
Dr. Jennifer merupakan peneliti dari Australia mengatakan bahwa sangat kecewa dengan temuannya dan menyebutnya sebagai peringatan untuk dunia bahwa polusi palstik sama seriusnya dengan perubahan iklim yang mengancam manusia.

Di tahun 2014, dunia menghasilkan 311 juta ton plastik per tahun. Dr Lavers mengatakan bahwa akumulasi sampah plastik di Pulau Henderson merupakan plastik yang dihasilkan dalam 1,98 detik dari total produksi sampah plastik dunia.

 Pulau Henderson merupakan kawasan warisan dunia di area laut yang jarang dilalui dan tidak berada di dekat jalur pelayaran, tanpa kota industri utama berbasis darat yang berjarak 5.000 kilometer.

6. Temuan pertama fosil otak dinosaurus
Fosil otak Dinosaurus
                 
Mendekati akhir tahun 2016 lalu ilmuan menginformasikan fosil yang ditemukan lebih dari 1 dekade, yang mengandung jaringan otak sudah menjadi fosil otak pertama yang pernah ditemukan. Fosil ini berusia 133 juta tahun bersalah dari spesies dinosaurus yang dikenal sebagai lguanodon, dan menunjukkan struktur otak serupa dengan buaya dan burung-burung modern.

Peneliti telah menyelidiki jaringan lewat mikroskop dan melihat seperti pembuluh darah bersalah dari bagian dalam otak tersebut. Ilmuan telah menghabiskan waktu setahun untuk menemukan jejak kaki dinosaurus terbesar dunia, di Australia Baratnya dan informasi baru menunjukkan jika T.rex bukan dinosaurus yang terlalu ahli dalam berlari kencang.

7. Ilmuwan sukses ciptakan jaringan satelit kuantum pertama
Ilmuan​ asal China berhasil menggunakan satelit kuantum yang disebut Micius untuk mentransmisikan foton yang saling terjerat, partisi cahaya menempuh jarak 1.200 kilometer.

Dua partikel yang slaing terjerat menunjukkan sifat yang sama, seperti halnya putaran, posisi, momentum, tak peduli jarak yang terentang di keduanya. Terjadi perubahan pada satu pertikaian yang akan mempengaruhi lainnya.

Hal ini kemungkinan dapat tercipta jaringan komunikasi yang berpotensi terjadi secara seketika dan tidak terputus yang di coba oleh periset di dunia.

8. Temuan 8 planet seukuran bumi di sistem solar Trappist-1
Satu sistem tata Surya yang berjarak 40 tahun cahaya ternyata menjadi tempat tinggal dari tujuh Planet seukuran bumi. Tiga diantaranya berada di dalam zona Goldilocks, yang berada di kisaran suhu dipermukaannya kemungkinan ada cairan air.

Trappist merupakan bintang ultra-cool berukuran sebesar planet Jupiter yang berada di rasi Aquarius dan cukup dekat sehingga ilmuan dapat melakukan penelitian terperinci mengenainya. Bulan April, ilmuan Australia memperoleh prestasi, mereka berhasil mengidentifikasi empat planet baru dalam sistem tata surya kita pada saat melakukan pengamatan bintang yang dilakukan secara love di ABC.

Sumber: Australia Plus ABC,


Lihat juga


8 Penemuan Sains Terbaru yang Membuka Mata Dunia 2017

Selamat mencoba apa yang sudah kami berikan di sini 8 Penemuan Sains Terbaru yang Membuka Mata Dunia 2017 jika kamu merasa kurang cocok dengan apa yang kami berikan kamu bisa liat liat lagi postingan lainnya.

Cukup Sekian Pembahasan 8 Penemuan Sains Terbaru yang Membuka Mata Dunia 2017

Cukup sekian dan terima kasih sudah berkunjung Sekarang Anda sedang membaca artikel 8 Penemuan Sains Terbaru yang Membuka Mata Dunia 2017Terimakasih sudah membaca postingan kali ini
Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya .
Jangan Lupa Ikuti Halaman Facebook Kami :

Share this

Entri yang Diunggulkan

Memahami Materi Sejarah Perkembangan Virus (Ciri, Struktur, Ukuran Virus)

Contoh Virus Halo sahabat sains, kali ini saya akan menjelaskan menganai tentang virus. Virus sudah tidak asing lagi di telinga kit...

close