Setuju? Anak Laki-laki lebih Pintar Matematika Karena Tak Takut Salah
logo blog

Setuju? Anak Laki-laki lebih Pintar Matematika Karena Tak Takut Salah

Setuju? Anak Laki-laki lebih Pintar Matematika Karena Tak Takut Salah
Ilustrasi anak laki-laki pintar matematika

Kualitas anak dalam bidang akademis dapat di pengaruhi oleh berbagai hal, salah satu diantaranya didikan orangtua yang membentuk karakteristik anak itu sendiri.

Selain itu, anak kemampuan akademis lebih terlihat pada anak laki-laki dibandingkan dengan anak perempuan, karena anak laki-laki seringkali dididik secara tegas,tak heran apabila dikenal lebih mampu menyelesaikan soal matematika.

Berdasarkan Studi yang di lakukan University of Missouri, Amerika Serikat anak perempuan dan laki-laki menggunakan pendekatan yang berbeda untuk mengatasi masalah matematika. Anak perempuan cenderung menyelesaikan masalah dengan pendekatan yang lambat namun akurat dibandingkan anak laki-laki mengatasinya​ dengan pendekatan yang lebih cepat tetapi sering melakukan kesalahan.

Dalam pendekatan ini yang sangat menguntungkan anak perempuan pada awal sekolah, tetapi pada akhir kelas 6, anak laki-laki terbukti dapat melampaui hasil belajar anak perempuan.

Menurut Drew Bailey, perbedaan akurasi aritmetika diantara anak laki-laki dan perempuan mungkin timbul dari adanya kemauan untuk mengambil risiko kesalahan dengan menjawab soal matematika hanya berdasarkan kemampuan daya ingatnya. Selain itu anak laki-laki lebih suka langsung mengungkapkan jawabannya sesaat setelah di beri persoalan, walau kurang tepat. Tetapi, seiring berjalannya waktu, praktik mengingat jawaban ini dapat mendorong anak laki-laki jauh melampaui anak perempuan dalam hal akurasi jawaban.

Alasan tersebut diungkapkan karena sudah mengamati sekitar 300 anak-anak sejak kelas 1 hingga menginjak kelas 6 SD. Ketika kelas 1 dan 2, cenderung anak laki-laki cepat menjawab soal aritmetika tetapi dijawab salah lebih banyak.

Dibandingkan dengan anak perempuan lebih banyak memberikan jawaban yang benar namun cenderung merespon persolan secara lebih lambat dan soal yang di jawab lebih sedikit.

Walaupun hal itu terjadi, namun ketika menginjak kelas 6 anak laki-laki jauh lebih banyak memberikan jawaban dengan tingkat kesalahan yang lebih sedikit.

Bailey mengatakan bahwa mengembangkan kemampuan matematika dpat dilakukan dengan dua cara yaitu practice males perfect dan perfect males practice. Maksudnya, mencoba menjawab lebih banyak pertanyaan dengan menggunakan daya ingat mendorong pengambil risiko untuk lebih banyak berlatih sehingga lama-kelamaan akurasi jawabannya akan membaik.

Sumber: Journal of Experimental Child Psychology.



Lihat juga


Setuju? Anak Laki-laki lebih Pintar Matematika Karena Tak Takut Salah

Selamat mencoba apa yang sudah kami berikan di sini Setuju? Anak Laki-laki lebih Pintar Matematika Karena Tak Takut Salah jika kamu merasa kurang cocok dengan apa yang kami berikan kamu bisa liat liat lagi postingan lainnya.

Cukup Sekian Pembahasan Setuju? Anak Laki-laki lebih Pintar Matematika Karena Tak Takut Salah

Cukup sekian dan terima kasih sudah berkunjung Sekarang Anda sedang membaca artikel Setuju? Anak Laki-laki lebih Pintar Matematika Karena Tak Takut SalahTerimakasih sudah membaca postingan kali ini
Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya .
Jangan Lupa Ikuti Halaman Facebook Kami :

Share this

Entri yang Diunggulkan

Memahami Materi Sejarah Perkembangan Virus (Ciri, Struktur, Ukuran Virus)

Contoh Virus Halo sahabat sains, kali ini saya akan menjelaskan menganai tentang virus. Virus sudah tidak asing lagi di telinga kit...

close