Hoax, Sains Jelaskan Kok Bisa Banyak Orang Mudah Percaya
logo blog

Hoax, Sains Jelaskan Kok Bisa Banyak Orang Mudah Percaya

Hoax, Sains Jelaskan Kok Bisa Banyak Orang Mudah Percaya
Gambar Hoak
Berita bohong atau hoak tak selamanya berdampak buruk. Di awal peradaban manusia menjelajahi Bumi, hoak berfungsi untuk meningkatkan keselamatan hidup manusia.

Menurut Dr. Roslan Yusni Hasan dokter spesialis bedah saraf, secara evolusioner manusia dapat bertahan karena hoax sebab manusia akan merasa lebih terancam semakin tepercaya.
Misalnya, ketika Nenek moyang manusia melihat semakin yang bergerak maka akan muncul situasi terancam. Imajinasi kemudian merespon dengan sesosok predator. Tahap mengonfirmasikan, langkah seribu pun langsung ditempuh untuk menghindari manjadi santapan pemangsa.

Roslan mengatakan bahwa tanpa lihat langsung ada harimau atau tidak itu kan hoax. Semakin lama orang-orang​ dengan otak konspiratif lebih mudah hidup dari pada orang yang ingin tahu terus.

Maka dari itu, orang percaya hoax dapat melanjutkan keturunan dan meneruskan sifat mudah percaya. Maka dari itu manusia yang selalu ingin tahu lebih sedikit hidup di bumi. Ia juga berpendapat semua itu berjalan sesuai dengan sains, kenapa lebih banyak orang yang penggemar hoax dibandingkan yang tidak.

Hoax semakin mengancam maka makin mudah untuk diterima.
Saat ini situasi sangat berbeda, sebab manusia tak hidup di alam bebas dan hoak terus berkembang di masyarakat. Apalagi penyebarannya di permudah dengan adanya teknologi misalnya media sosial.

Misalnya Anda masuk dalam grup WhatsApp, pasti saja ada informasi hoak mengenai kesehatan yang begitu meyakinkan. Salah satu contohnya informasi mengenai stroke ketika melakukan pertolongan pertama, seseorang dianjurkan menusuk jari penderita stroke dengan jarum. 

Menurut Roslan hal tersebut sangatlah tidak ilmiah, sebab dengan adanya kemoterapi akan membuat orang semakin sakit, dan akan berpengaruh ke nyawa seseorang. Memang prosesnya​ menyakitkan, namun jika orang menghentikan kemoterapi dapat meninggal.



Lihat juga


Hoax, Sains Jelaskan Kok Bisa Banyak Orang Mudah Percaya

Selamat mencoba apa yang sudah kami berikan di sini Hoax, Sains Jelaskan Kok Bisa Banyak Orang Mudah Percaya jika kamu merasa kurang cocok dengan apa yang kami berikan kamu bisa liat liat lagi postingan lainnya.

Cukup Sekian Pembahasan Hoax, Sains Jelaskan Kok Bisa Banyak Orang Mudah Percaya

Cukup sekian dan terima kasih sudah berkunjung Sekarang Anda sedang membaca artikel Hoax, Sains Jelaskan Kok Bisa Banyak Orang Mudah PercayaTerimakasih sudah membaca postingan kali ini
Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya .
Jangan Lupa Ikuti Halaman Facebook Kami :

Share this

Entri yang Diunggulkan

Memahami Materi Sejarah Perkembangan Virus (Ciri, Struktur, Ukuran Virus)

Contoh Virus Halo sahabat sains, kali ini saya akan menjelaskan menganai tentang virus. Virus sudah tidak asing lagi di telinga kit...

close