Temuan Peneliti Indonesia Jadi Soal Olimpiade Fisika Internasional
logo blog

Temuan Peneliti Indonesia Jadi Soal Olimpiade Fisika Internasional

Temuan Peneliti Indonesia Jadi Soal Olimpiade Fisika Internasional

International Physics Olimpiade (IPho) 2017 
Kabar yang anagat membagakan untuk Indonesia, karena siswa Indonesia telah berhasil mendapatkan dua mendali emas dan mendali Perka dalam International Physics Olimpiade (IPho) 2017 berhasil di raih Farris Prima dan Getty Windiarto Mohamad Dunda, sedangkan mendali perak berhasil di dapatkan oleh Bonfilio Nainggolan,Faizal Husni dan Fikri Makarim Sosrianto.

Olimpiade ini di ikuti oleh 395 pelajar dari 86 negara, dalam olimpiade fisika untuk mendapatkan mendali, mereka mengerjakan soal teori, eksperimen, dalam waktu selama 5 jam.
Menariknya dalam soal ekperimen ini disajikan IPhO 2017 adalah penemuan terbaru peneliti Indonesia di bidang fisika, Dr OKI Gunawan dan Dr Yudhistira Virgus.

Mereka menyediakan temuan terbaru menggunakan magnet yang di buat oleh produsen Amerika Serikat untuk mencari jebakan magnet yang disebut efek punuk unta
OKI dan Yudistira di olimpiade ini mengetahui dua hal yaitu sifat magnet dari isi pensil mekanik dan mengukur gesekan udara saat isi pensil bergerak di udara.

Menurut Hendra pengukuran Medan magnet mungkin tak terlalu berguna untuk orang awam. Tetapi, untuk kepentingan fisika, temuan ini dapat diterapkan guna mengetahui sifat magnet pada material yang akan dibuat jika menggunakan alat profesional ini ratusan juta hingga miliaran uang akan habis hanya untuk mengetahui sifat magnet dan gesekan udara.

Bukan hanya disitu saja, hasil penelitiannya​ sedang dikembangkan sebagai alat sensor gempa. Getaran pensil yang di lempar ke udara akan memberikan informasi kekuatan gempa.



Lihat juga


Temuan Peneliti Indonesia Jadi Soal Olimpiade Fisika Internasional

Selamat mencoba apa yang sudah kami berikan di sini Temuan Peneliti Indonesia Jadi Soal Olimpiade Fisika Internasional jika kamu merasa kurang cocok dengan apa yang kami berikan kamu bisa liat liat lagi postingan lainnya.

Cukup Sekian Pembahasan Temuan Peneliti Indonesia Jadi Soal Olimpiade Fisika Internasional

Cukup sekian dan terima kasih sudah berkunjung Sekarang Anda sedang membaca artikel Temuan Peneliti Indonesia Jadi Soal Olimpiade Fisika InternasionalTerimakasih sudah membaca postingan kali ini
Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya .
Jangan Lupa Ikuti Halaman Facebook Kami :

Share this

Entri yang Diunggulkan

Memahami Materi Sejarah Perkembangan Virus (Ciri, Struktur, Ukuran Virus)

Contoh Virus Halo sahabat sains, kali ini saya akan menjelaskan menganai tentang virus. Virus sudah tidak asing lagi di telinga kit...

close